Skip to the main content

Bosowa School Makassar

Komitmen Bosowa untuk berkontribusi terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia terus dilakukan. Kesadaran akan pentingnya pendidikan berkualitas mengilhami Bosowa Education mendirikan sekolah bertaraf internasional yang diberi nama Bosowa School Makassar.

Bosowa School Makassar (BSM) diresmikan di Makassar pada 17 Juni 2013 lalu. Sekolah bertaraf internasional yang dibangun di gedung Bosowa Management Development ini diharapkan akan menjadi lembaga pendidikan terdepan di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Pada tahun pertamanya, BSM membuka SMP dan SMA dengan model pendidikan bersifat menyeluruh (holistic) dengan konsep full day dan residence (siswa diasramakan). Konsep residence dipilih agar peserta didik lebih fokus dan total dalam menerima ilmu di sekolah.           Sebagai sekolah bertaraf internasional, BSM menerapkan kurikulum yang khas yakni kurikulum nasional dan internasional (Cambridge) sehingga setiap lulusannya akan menerima dua ijazah (double degree) yaitu ijazah dari Pemerintah Indonesia dan Ijazah dari Cambridge International Examination (CIE). Kurikulum tersebut mengkombinasikan antara wawasan internasional dan kontekstualisasi nilai-nilai religius dan internalisasi karakter berbangsa.

Dengan desain belajar 24 jam yang diatur seimbang  antara waktu belajar, olahraga, ibadah, makan, dan istirahat, BSM akan memenuhi harapan orang tua siswa dalam memaksimalkan  potensi anak agar tidak saja unggul dari sisi akademik, tetapi juga berprestasi di bidang non akademik, kemampuan bahasa asing, kewirausahaan dan lainnya.

Selain didukung oleh infrastruktur dan fasilitas terbaik, proses belajar mengajar pun tergolong sangat istimewa karena penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.  Keberadaan sejumlah pengajar asing atau native speaker dalam beberapa kesempatan pembelajaran di tambah program belajar di luar negeri (excurtion program), semakin memperkaya wawasan dan pengalaman bagi siswa, sekaligus membekali siswa dalam memasuki kancah dunia global.

BSM hadir dengan lima hal yang menjadi fokus pendidikan. Pertama, Smart, BSM akan mendidik anak agar cerdas baik intelektual, sosial, maupun spiritual. Kedua, Religius, yakni penanaman nilai-nilai agama dan spiritualitas pada para siswa dalam berkreasi dan beraktifitas. Ketiga, disipilin, dimana para siswa didorong untuk memiliki kedisipilinan tinggi agar tumbuh menjadi pribadi yang efisien dan efektif. Keempat, inovatif, yakni para siswa akan dididik menjadi sosok inovatif. Kelima, kompetitif, BSM akan melahirkan out put yang punya kompetensi global, antara lain memiliki kemampuaan bahasa Inggeris yang baik dan menguasai information technology (IT).

Dengan segala keistimewaannya itu, BSM diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan sekolah terbaik yang dapat melahirkan pemimpin Indonesia masa depan yang mandiri, berkarakter, cerdas, religius, dan memiliki kepedulian sosial. Visi ini selaras dengan harapan besar pendiri Bosowa Corporation, M. Aksa Mahmud yang menginginkan BSM dapat menjadi institusi yang dapat melahirkan alumni berdaya saing tinggi dan mampu melanjutkan pendidikan ke Universitas berkualitas yang masuk dalam 100 besar terbaik dunia.

Last updated :